Fri. Aug 6th, 2021
 Ni Wayan Budiartini โ€“ OSIS

Kami Dari Segenap Anggota Osis Mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1943. Walaupun di situasi pandemi seperti ini semoga kita semua diberikan kesehatan, keselamatan, kelancaran dan dapat melaksanakan catur bratha penyepian๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ˜‡
Hari raya Nyepi yang dirayakan dengan berdiam diri di rumah dan melaksanakan beberapa pantangan dasar ini akan jatuh pada Minggu, 14 Maret 2021. Nyepi merupakan hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap tahun Baru Saka. Dimana kata Nyepi berarti sepi, hening, sunyi, senyap. Ini memaknai juga bagi dimana masyarakat Bali merayakan atau memperingati Nyepi dengan hari dimana mereka tidak keluar rumah seharian. Sehari setelah Ngerupuk dengan ogoh-ogoh buta kalanya, kemudian malam harinya sepi dan gelap gulita karena tidak boleh menyalakan lampu, hari yang memberi kesempatan untuk “mulat sarira”(introspeksi/kembali ke jati diri) dengan merenung atau meditasi, pelaksanaan Catur Brata Penyepian dalam pengertian hari bebas untuk pensucian juga instropeksi bertujuan supaya mencapai keseimbangan diri menuju tujuan hidup yang hakiki dan harmoni.

Setelah meraih kesucian diri menjelang Nyepi dalam upacara Melasti dan serangkaian kegiatan hari-hari sebelumnya menandakan malam menjelang Tahun Baru Saka. Seperti namanya perayaan tahun baru Saka bagi umat Hindu di Indonesia ini dirayakan sangat berbeda dengan perayaan Tahun Baru lainnya, dimana perayaan umumnya identik dengan gemerlapnya pesta dan kemeriahan, dan euforia dan pesta namun umat Hindu Bali menyambut tahun baru Saka dengan merayakan Nyepi. Bagi segenap umat Hindu, Nyepi memiliki arti penting untuk merenungkan hakikat dan makna kehidupan di alam fana ini. Nyepi merupakan sarana introspeksi dan evaluasi diri untuk membersihkan jiwa dari segala bentuk perilaku yang tidak baik. Di samping itu, Nyepi juga menjadi sarana untuk memaknai kehidupan yang lebih berarti, serta menjaga kesucian rohani menuju jalan yang benar, berdasarkan Dharma dan falsafah Tri Hita Karana. Semua pesan-pesan moral, spiritual, dan kebajikan yang disampaikan pada rangkaian Nyepi ini, pada hakikatnya tetap relevan kapan pun dan di mana pun. Inilah keistimewaan Hari Raya Nyepi untuk menyambut Tahun Baru Saka. Bahkan keistimewaan-keistimewaan tersebut tidak didapat pada perayaan tahun baru lainnya.

By admin