Thu. Apr 22nd, 2021
 Sang Ayu Putu Citra Utami - XII AP 10

Belajar yang efektif merupakan proses belajar mengajar yang berhasil sehingga proses pembelajaran itu mampu memberikan pemahaman, ketekunan dan kualitas yang lebih baik serta dapat memberikan perubahan prilaku dalam kehidupan sehari-hari. Namun karena mewabahnya suatu penyakit yang disebabkan oleh virus yang dikenal dengan istilah Covid-19 (Corona Virus Siseases-19) yang berdampak terhadap pendidikan di Indonesia.

Ditengah pandemi Covid-19 ini Kemendikbud mengeluarkan sejumlah kebijakan terkait proses belajar mengajar yang salah satunya mengharuskan sistem pembelajaran online dan membatasi tatap muka secara langsung. Dengan adanya kegiatan belajar mengajar secara online siswa diharapkan mampu dalam mengikuti pembelajaran. Tetapi apa? yang terjadi malah sebaliknya, sebagian besar siswa tidak mengikuti pembelajaran karena mulai timbulnya rasa jenuh dan bosan. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Yuk!! simak dan pahami beberapa tips yang bisa diterapkan guna memperbaiki cara  belajar supaya tidak cepat bosan terutama saat dirumah, berikut tipsnya :

  1. Atur Jadwal Belajar

Gunakan metode 50 : 10 atau 45 : 15 dalam belajar (50 menit belajar, 10 menit istirahat)

  1. Tanamkan Mindset yang benar

Seperti menentukan target, memperjelas tujuan belajar

  1. Ciptakan ruang belajar kondusif

Buatlah ruang belajar yang nyaman, peralatan yang bersih dan rapi, mungkin kebiasaan belajar dikamar tidur kadang membuat kita tidak fokus dan ingin cepat-cepat rebahan dikasur sehingga kita bisa mengganti suasana belajar di ruang terbuka seperti dihalaman, teras rumah. Kita bisa membuat suasana belajar selayaknya picnic dengan beberapa cemilan ringan.

  1. Belajar sambil mendengarkan Musik

Relaks dalam belajar sangat diperlukan sehingga music atau lagu berguna untuk menghilangkan stress dan tegang saat belajar.

  1. Buat materi pembelajaran dengan konsep Mind Mapping

Mind Mapping adalah konsep belajar dalam bentuk grafis, garis percabangan, gambar maupun kata kunci yang dimana kita akan terbiasa mencatat dan menyusun sebuah materi agar lebih mudah dipahami.

  1. Buat challenge untuk diri sendiri

Contohnya mapel yang kalian tidak segani atau mungkin kurang menyukai jadikan sebagai tantangan atau challenge bahwa kalian bisa dalam suatu pencapaian dan memecahkan masalah sehingga akan timbul rasa senang jika menemukan sebuah solusi dari tiap persoalan.

  1. Tetap terhubung dengan teman & memanfaatkan fasilitas teknologi

Agar belajar lebih seru kita bisa memanfaatkan fasilitas teknologi seperti google, line, whatsapp untuk berdiskusi. Selain belajar menjadi asik dan tidak membosankan, kita akan mendapat ilmu tambahan yang tidak kita mengerti saat guru menjelaskan suatu materi.

  1. Memanfaatkan kuota belajar gratis dari pemerintah

Kita bisa memanfaatkannya untuk membuka situs-situs belajar dan tidak ada alasan bagi siswa untuk tidak mengikuti proses pembelajarn, karena pemerintah menyediakan kuota gratis bagi pelajar sebagai acuan dalam proses belajar mengajar.

Itu merupakan beberapa tips yang bisa diterapkan agar belajar menjadi efektif & tidak membosankan

#Sekian&Terimakasih.

Sumber : Diolah Dari Berbagai Sumber

By admin