Fri. Aug 6th, 2021
 Ni Kadek Bunga Widiasari – X AP 9

Belajar Bahasa Inggris saat ini bukan lagi menjadi pelajaran yang asing untuk kita di dunia pariwisata, mengingat Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional, bahasa yang kita gunakan untuk berkomunikasi dengan turis asing atau masyarakat dari mancan negara. Bukan hanya di bidang pariwisata, bahasa inggris juga sangat penting di dunia bisnis internasional, pendidikan, organisasi internasional, bahkan di pemerintahan. Dan karena hal itu, banyak orang yang mulai belajar bahasa inggris, mulai dari kalangan anak-anak sampai orang dewasa dan orang tua.

Sekarang sudah banyak mengenai kursus-kursus bahasa inggris, mulai dari offline sampai online, dan gratis sampai berbayar. Tapi belajar bahasa inggris tidak cukup hanya mengandalkan grammar, tetapi langsung practice speaking dan listening dari native speakers-nya. Seperti halnya seorang bayi yang mulai belajar berbicara.

Jika kalian merasa sedang tidak menemukan seorang native speakers atau teman untuk improve listening dan speaking bahasa inggris kalian. Kalian juga bisa belajar mandiri dengan mendengarkan English Podcast. Apa itu podcast? Podcast merupakan sebuah rekaman audio suara yang hampir sama dengan radio yang hanya terdengar suaranya saja. Dengan hanya mendengarkan percakapan dari native speakers langsung dan dapat kita ulang rekamannya kapanpun juga, setidaknya kita bisa improve bahasa inggris kita. Nah, disini ada 5 tips yang dapat kalian ikuti yang bisa meng-improve bahasa inggris kalian dengan mendengarkan podcast.

  1. Memilih Konten Yang Sesuai

Untuk membuat kalian nyaman dari awal sampai akhir mendengarkan podcast, kalian harus pilih terlebih dahulu beberapa konten-konten yang sesuai dengan kalian. Misalnya, kalian sukanya mendengarkan suara pria atau wanita, kemudian pilih podcast yang suaranya enak didengar atau terdengar jelas, setelah itu tentukan kalian mau mendengar American English atau British English.

  1. Dengarkan Dengan Rileks

Karena kalian belajar mandiri, jangan terlalu tegang saat mendengarkan. Kalian tidak harus mengerti semua yang diperbincangkan,untuk pertama kali kalian cobalah untuk membiasakan telinga kalian untuk mendengarkan bahasa inggris, bila perlu kalian bisa menggunakan headset untuk lebis focus saat mendengarkan.

  1. Mencatat Kata Atau Kalimat

Saat kalian mendengarkan podcast, pasti ada saja beberapa kata atau kalimat yang diucapkan akan menarik perhatian kalian dan mungkin saja itu kosakata baru. Nah, disini kalian bisa catatlah kata/kalimat tersebut kemudian jangan lupa untuk memastikan kata/kalimat yang kalian tulis itu benar, dengan cara mencarinya di Google Translate atau penerjemah lainnya.

  1. Pertama Dengarkan, Lalu Berbicara

Disini kalian harus mendengarkan dahulu apa yang dibicarakan, tidak harus dari awal sampai akhir. Kalian bisa pause dulu rekamannya pada kaliamat yang ingin kalian tiru atau kalian bisa bersamaan berbicara beberapa kata/kalimat yang sudah kalian dengarkan langsung. Ini juga sangat efektif untuk dilakukan, tidak hanya melatih listening tetapi juga speaking.

  1. Melakukan Dengan Konsisten

Untuk belajar suatu bahasa lain, kita perlu berlatih berbulan-bulan bahka bertahun-tahun, dan dilakukan secara rutin setiap hari. Kalian juga harus menyempatkan waktu untuk berlatih, tidak perlu waktu berjam-jam, setidaknya sempatkan waktu beberapa menit untuk berlatih dan lakukanlah dengan konsisten. Jika kalian merasa ingin menyerah di tengah jalan dan ingin berhenti, ingatlah selalu motivasi kalian. Untuk apa kalian ingin belajar bahasa inggris. Jadikan tujuan kalian itu sebagai motivasi untuk tidak menyerah.

Sebagai penutup, disini ada beberapa rekomendasi podcast yang bisa kalian akses di aplikasi Spotify atau sejenisnya, dan kalian juga bisa temukan sendiri podcast favorit kalian untuk belajar bahasa inggris. Ini dia 5 rekomendasi podcast untuk improve bahasa inggris kalian :

  1. All Ears English Podcast
  2. Speak English Podcast with teacher Georgiana ESL
  3. Belajar Bahasa Inggris (Listening Skills)
  4. Voice of America
  5. Better at English

Sumber : Diolah Dari Berbagai Sumber

By admin