Fri. Mar 5th, 2021
I Gusti Ayu Sri Utari Dewi - OSIS

Nah sebelum kita membahas keunikan di pura sabang daat mari kita cari terlebih dahulu pengertian, sejarah dari pura ini, dan di bagian sejarah ini kita akan menemukan keunikannya

Mendengar kata pura sudah tentu pikiraan kita akan tertuju dengan bentuk bangunan suci. Namun, berbeda dengan Pura Sabang Daat yang berada di tengah hutan.Tak ada bangunan khusus, yang ada hanya berupa asagan, yakni tempat meletakan banten (seajen).

Pura Sabang Daat berada di perbatasan Kabupaten Gianyar dan Bangli. Tepatnya terletak di kawasan Desa Pakraman Puakan, Desa Taro, Kecamatan Tegallalang, Gianyar.

Pemangku Pura Sabang Daat, Jero Mangku Puseh Desa Puakan menjelaskan, Pura Sabang Daat terdiri atas 2 kata yaitu,  “Sabang bermakna Saba, yaitu pertemuan orang penting, sedangkan Daat berarti pingit atau sakral. Jadi, Sabang Daat berarti pura yang diperuntukan pertemuan pingit,”

“Konon dahulu sebelum upacara keagamaan dilakukan, disinilah dilaksanakan pertemuan terlebih dahulu oleh para sulinggih, pemangku, dan orang penting lainnya,”.

Pura Sabang Daat merupakan pura tanpa ada bangunan palinggih yang dibuat seperti zaman sekarang. Melainkan masih mempertahankan yang ada sejak dahulu, yakni sebuah asagan di tengah-tengah hutan. Sehingga dikenal dengan pura yang tanpa pelinggih. Pura ini berdiri sejak 2000 tahun sebelum Masehi, dan sampai saat ini masih dipertahankan utuh.

Meski demikian, secara sekala (nyata)  memang tidak dapat ditemui sebuah palinggih. Namun, secar niskala ( gaib)  di kawasan ini konon sudah ada bangunan pura yang amat megah dan mewah. Ada bangunan Padasana yang sangat besar berbahan emas.

Nah pura yang luas keseluruhannya 2 hektar, hanya terdiri dari jeroan dan jaba sisi. Bagian jeroan disengker menggunakan turus hidup seluas 6 are. Terdapat lingga yoni dijeroan pura yang muncul di permukaan tanah. Dan yang membuat aneh sekaligus unik adalah, areal jeroan pura lokasinnya rendah, sedangkan dipinggirnya lebih tinggi. Meski hujan dan sudah bertahun-tahun tetap saja rendah, semestinya aliran air membawa tanah ke jeroan pura. Dan nyatanya tetap rendah dan sekelilingnya tinggi seperti dibatasi sebuah tembok. Pura Sabang Daat diempon 35 desa pakraman. Selain dari Desa Taro sendiri, dari wilayah Ubud dan Kintamani juga ikut menjadi pangempon, Sehingga semua sesuhunan dari 35 desa pangempon tersebut nangkil untuk matur piuning sebelum ngunya didesanya masing-masing, salah satunya adalah desa Pakraman Yehtengah. Biasanya 35 desa pangempon tangkil di hari Raya Galungan (Galungan, Umanis Galungan, Pahing Galunga, Pon Galungan, Wage Galungan) tergantung dari desa pangemon masing-masing.

Nah uniknya di pura Sabang Daat ini tidak diperbolehkan menggunakan gambelan dan genta, juga tidak boleh sulinggih yang muput upacara. Bahkan diseluruh Desa Pakraman Puakan tidak diperkenankan yang muput upacara sulinggih. Melainka Jero Mangku setempat, mengingat sudah terdapat Pura Linggih Ida Rsi Markandya di Pura Sabang Daat

Sebesar apapun upacara di sini, tidak ada sulinggih yang muput, yang muput hanya pemangku saja. Karena keyakinan masyarakat di sini semuanya sudah ada, tinggal nunas tirta saja di Pura Sabang Daat kemudian dihaturkan oleh pemangku. Warga setempat meyakini di Pura Sabang Daat yang merupakan linggih Ida Rsi Markandya ini, tempat memohon berkah. Salah satu warga, Ketut Dharma mengakui tidak sedikit warga yang sembuh setelah nunas tirta ( tamba), termasuk bagi pasangan yang lama belum dikaruniai keturunan.

Warga di lingkungan Desa Pakraman Puakan ini sudah banyak membuktikan. Ada yang sakit tidak sembuh-sembuh, setelah nunas tamba di pura ini bisa sembuh. Begitu juga yang lama belum memiliki anak, berhasil juga setelah nunas tamba di Pura Sabang Daat. Nunas tamba dan keturunan itu, biasanya berawal dari firasat dan petunjuk secara niskala. Untuk sarana yang dihaturkan tidak mematok harus begini begitu. Tergantung pamedek, sesuai kemampuan dan keyakinan masing-masing. Semua kembali kepada keyakinan dan ketulusan.

Nah sekian informasi yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat

By admin