Fri. Mar 5th, 2021
I Gusti Ayu Sri Utari Dewi - OSIS

Disaat harapan kita tidak sesuai dengan kenyataan, saat itulah kita merasakan bahwa kemungkinan kita telah melakukan 2 kesalahan, yaitu berharap yang terlalu mustahil dan atau menaruh harapan kepada mereka yang tidak mampu mewujudkannya. Kesalahan kedua inilah yang menjadi salah satu penyebab utama dari hilangnya sebuah harapan, mempercayakan kehidupan kepada manusia.

  • Berhubung bulan Desember ini Adalah Akhir Semester Pertama dan akan menjelang rapotan atau mungkin sudah ada yang menerima rapot nah aku ada tips menarik buat kalian yang mungkin berharap nilai kalian bagus dan tidak ada penurunan tapi takdir tidak memihak kepada kalian jangan putus asa ya dan tetap semangat masih ada smeseter selanjutnya dan buktikan bahwa kalian bisa!! Nah untuk kalian yang nilainya sudah sesuai ekspetasi bahkan lebih dari yang kalian harpakan tetap bersyukur ya dan jangan lupa selalu rendah diri dan rendah hati 🙂

Nah ini  beberapa tips dan cara sederhana yang bisa membuat kita menghadapi kenyataan hidup ketika harapan tidak sesuai dengan kenyataan.

  1. Mencari Kata-kata Bijak tentang Kenyataan

Contoh :

“Not all desired to be achieved, but with confedence and hard work everything will change for the better.” -ways

Terjemahan :

Tidak semua ingin dicapai, tetapi dengan keyakinan dan kerja keras semuanya akan berubah menjadi lebih baik. “

Cara paling sederhana dan populer dilakukan oleh seseorang yang kehilangan harapan adalah mencari jawaban hidup melalui kata-kata bijak yang banyak bertebaran di sosial media Setidaknya cara sederhana ini dapat menjadi penenang sementara untuk menghadapi kenyataan hidup yang pahit karena jauh dari keinginan.

  1. Berbagi Cerita

Ada kalanya seseorang yang kehilangan harapan selalu ingin mengungkapkan perasaannya. Meskipun tidak semua, ada juga yang tidak ingin mengungkapkannya dan lebih memilih menguburnya dalam hati dan pikirannya.

Padahal, membagikannya kepada dunia dengan cara dan jalan yang positif akan menjadikan beban hidup terasa lebih ringan. Berbagi cerita tentang masalah yang berat yang sedang singgah dalam kehidupan dapat menjadikan hidup lebih positif. Berbagi perasaan bukan berarti melakukannya dengan cara mengeluh.

Cara berbagi cerita saat harapan tidak sesuai kenyataan adalah sebisa mungkin menghindari kata-kata pengeluhan yang justru akan memunculkan kesan negatif kepada pendengar. Oleh sebab itu, ketika harapan tidak sesuai dengan keinginan, jangan terburu-buru untuk mengambil tindakan. Jangan membicarakan tentang buruk dan betapa menyedihkannya hidup kamu saat itu karena itu tidak akan memperbaiki keadaan dan perasaan.

Cobalah untuk mengambil dan memandang harapan yang tidak tercapai dari sudut pandang yang berbeda sehingga dapat menjadi pelajaran dan hikmah bukan hanya bagi kamu yang mengalami tapi juga bagi mereka yang mendengar ceritamu, bukan keluhanmu.

  1. Carilah Mimpi Baru

Poin nomor 3 sebaiknya hanya dilakukan ketika harapan akan suatu mimpi yang tidak tercapai benar-benar tidak dapat diperbaiki (maksudnya pengharapan terhadap sesuatu hal yang tidak terjadi untuk kedua kalinya, misalnya ujian tes dan lain-lain dimana kesempatan yang kedua tidak terulang).

Mimpi yang baru bukan berarti tidak berhenti mengusahakan mimpi yang tidak tercapai namun juga berguna untuk mengembalikan harapan yang hilang. Mimpi baru bisa menjadi pengalih perhatian sehingga fokus terhadap masalah karena keinginan yang tidak tercapai dapat segera meninggalkan hidup.

Satu hal yang pasti, jangan pernah mengandalkan diri sendiri terlebih orang lain karena itu terlalu berat. Bersandarlah kepada Dia yang memberimu pengharapan dan keyakinan. Tetap semangat dan jangan pernah kehilangan harapan.

  1. Menyalakan Lilin

Tidak perlu tergesa-gesa untuk membalikkan keadaan yang sedang kacau. Cukup dengan beberapa langkah maka harapan yang tidak tercapai tersebut dapat pulih secara perlahan. Caranya cukup mudah, menyalakan lilin di tengah kegelapan malam.

Saat lilin tersebut menyala dalam kegelapan maka tariklah suatu pelajaran bahwa cahaya sekecil apapun dapat mengalahkan kegelapan yang dahsyat. Masalah sebesar apapun yang mengancam harapan dapat diatasi dengan keyakinan dan tekad pantang menyerah.

  1. Berhenti Menyiksa Diri Sendiri

Saat ini, keluarlah dari kamar kamu dan pandanglah alam sekitar dengan pandangan positif. Amati semua yang dapat diamati dan yang menarik untuk diamati dan lihatlah perubahan yang besar yang akan terjadi dalam kehidupanmu sekalipun sedang dalam masalah.

Jangan menyiksa diri sendiri dengan berdiam diri. Harapan yang tidak sesuai kenyataan tidak akan pergi begitu saja dengan mudah sekali pun waktu berlalu. Kita harus mengubah itu semua tanpa perlu menunggu waktu untuk mengubah kenyataan hidup yang sedang dialami.

“Jangan menghabiskan masa untuk menanti waktu bertindak dalam kehidupanmu. Kamulah yang harus bertindak untuk mengubah kenyataan yang tak sesuai harapan.”

“Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.” – Amsal

Kenyataan tak sesuai harapan adalah hal yang akan dialami oleh semua orang yang mau berusaha. Mereka yang memiliki mimpi pasti akan mengalami hal-hal di mana keinginan tidak sesuai kenyataan, Dan mereka yang terus bermimpi tanpa rasa takut tidak akan pernah kehilangan harapan karena mereka percaya bahwa harapan sungguh ada sekalipun masa kelam sedang tiba.

Jangan pernah kehilangan harapan dan kurangi juga berharap kepada orang lain. Bertindaklah untuk mengubah harapan yang tak sesuai kenyataan dan percayalah, hidup ini indah dan akan jauh lebih baik sekalipun hari ini harapan tak sesuai dengan kenyataan dan keinginan kita.

Harapan tak sesuai kenyataan itu sudah biasa. Yang tidak biasa ketika Anda kehilangan harapan padahal selalu ada harapan.

Tetap Semangat dan Jangan Menyerah!

Semoga bermanfaat

 

By admin